Rabu, 28 September 2011

Sejarah Angka Nol (0)

Banyak orang yang telah mengklaim bila penemu dari angka nol adalah orang yang berasal dari Eropa, berakar dari Balbilonia, kemudian beranjak ke Eropa dan Yunani.

Banyak ilmuwan Eropa mengubah ajaran-ajaran aslinya, sehingga ilmuwan Eropa dapat mengklaim bahwa keilmuan tersebut berasal dari tanah Eropa. Masyarakat dunia sangat mengenal Leonardo Fibonacci sebagai ahli matematika aljabar.

Namun, dibalik kedigdayaan Leonardo Fibonacci sebagai ahli matematika aljabar ternyata hasil pemikirannya sangat dipengaruhi oleh ilmuwan Muslim atau intelektual musim bernama Muhammad bin Musa Al Khawarizmi. Dia adalah seorang tokoh yang dilahirkan di Khiva (Iraq) pada tahun 780. Sebagai seorang ahli matematika, geometri, musik, dan sejarah, intelektual muslim ini memiliki jasa dalam bidang matematika modern juga geometrik modern.

(gambar: Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi)

Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi memiliki tulisan penting seperti Al-Jabr Wa Al-Muqabala dan munculah istilah aljabar. Juga menyebarkan Algoritma dari kata Al-Khawarizmi. Dan dari sinilah bangsa-bangsa di belahan dunia lain akan mengikuti sistem bilangan arab yang baru. Bilangan yang terdiri atas sepuluh tanda. Akhirnya angka nol pun muncul. Dan kita tetap belum tahu secara pasti apakah angka nol pertama muncul di India ataukah di Andalusia ataukah di Arab. Namun suatu hal yang pasti, ia baru muncul pada abad VI atau bahkan lebih. Wallahu‘alam.

Sources: yudhim.blogspot.com; www.imzers.org; www.anneahira.com

0 komen:

Posting Komentar