Jumat, 16 September 2011

QUIPU


Quipu atau khipu adalah alat pencatat yang digunakan oleh suku Inka dan komunitas penerusnya di wilayah Andes.Quipu adalah kata dalam bahasa Spanyol. Khipu adalah kata untuk "simpul tali" pada bahasa Quechua Cusco (bahasa asli Inka). quipu terbuat dari rambut katun atau hewan

Quipu adalah sistem tali bersimpul yang digunakan oleh suku Inca dan masyarakat pendahulunya di wilayah Andes untuk menyimpan sejumlah besar informasi penting untuk budaya dan peradaban.

Quipucamayocs, para akuntan dari Kekaisaran Inca (disebut Tahuantinsuyu di ejaan lama Quechua) dibuat dan untuk memecahkan simpul quipu. Quipucamayocs mampu melakukan perhitungan matematika sederhana seperti menambah, mengurangi, mengalikan, dan membagi informasi untuk masyarakat adat.


Gambar ini (dari edisi ke-4 dari Konversationslexikon Meyers pada 1888) menunjukkan detail dari berbagai jenis knot. (Para knot yang dibungkus banyak biasanya mewakili angka yang lebih besar Anda dapat melihat bahwa sampai batas tertentu pada versi akrilik jika Anda klik gambar untuk gambar yang lebih besar).






Sebuah pertemuan di sebuah "Collca" atau "Warehouse of Inca": Tupac Inca Yupanqui (kiri) mewawancarai akuntannya atau penjaga gudangnya (kanan). Penjaga gudang memperluas catatan kabel atau quipu, yang berisi catatan barang di ruang penyimpanan.








Kepala akuntan dan bendahara, otoritas yang bertanggung jawab atas quipu di kerajaan.Di sudut kiri bawah, ada sempoa menghitung yang digunakan dengan kernel jagung yang dilakukan perhitungan dan kemudian dipindahkan ke quipu.









Sumber daya administratif, dengan buku dan quipu ia gunakan untuk akuntansi.









Para sekretaris dan akuntan Inka yang mencatat disposisi para bangsawan kerajaan dengan menggunakan quipu.





credit: gogeometry.com; threesixty360.wordpress.com; wikipedia.org

1 komen:

fiya mengatakan...

good!
#fty

Posting Komentar